Istilah-istilah penting bagi pemula dalam menggunakan iklan Fb Ads – Dalam dunia periklanan seperti Facebook ads dikenal sebuah istilah Boncos. Boncos sendiri sering disebut-sebut oleh para pelaku Fb Ads sebagai sebuah ungkapan antara tidak cocoknya biaya iklan dengan profit yang dihasilkan.
Dunia digital marketing tidak jauh dari yang namanya Ads, ada google ads, ada FB ads, dan masih banyak jenis ads lainnya, kali ini KataDataWebID akan membahas terkait istilah-istilah dalam iklan FB ads yang populer dikalangan advertiser.
Apa saja yaaa??…
Yuk kenali macam-macam istilah penting bagi para advertiser FB Ads, simak yaa..
Salah satu penyebab boncos yang jarang disadari oleh pemula Fb Ads adalah karena tidak akrab dengan istilah menu-menu yang ada pada Fb Ads dan masing-masing fungsinya. Sehingga para pemula yang tidak memiliki pengetahuan langsung melakukan aksi klik sana dan klik sini yang membuat iklan mereka berjalan namun tidak sesuai sasaran.
Maka artikel ini ditujukan bagi kalian yang ingin mengerti Istilah-istilah penting bagi pemula dalam menggunakan iklan Fb Ads agar mengurangi persentase boncos atau tidak balik modal. Dan langsung saja berikut ini adalah istilah-istilah penting dalam dunia Facebook Ads tersebut :
Bagi kalian yang baru mulai beriklan Fb Ads maka kalian wajib tau apa itu Ad. Ad ini merupakan materi iklan yang ditujukan kepada calon pembeli kalian. Biasanya kalian harus membuat banyak Ad dengan berbagai tipe untuk mengetahui mana yang paling efektif menarik perhatian para pembaca iklan kalian. Ad adalah bagian terkecil dari struktur iklan Facebook Ads.
Istilah berikutnya adalah Adset. Bahasa mudahnya ini adalah kategori bagi banyak Ad yang kalian buat. Karena didalam satu Adset terdiri dari banyak Ad. Melalui menu ini kalian dapat mengatur anggaran iklan. Kemudian bisa melakukan penjadwal iklan dan posisi iklan yang kira-kira mendatangkan banyak pembelian.
Bagi kalian yang ingin melihat dan memonitoring hasil iklan berupa jumlah klik, status iklan dan jangkauan iklan serta berapa biaya yang sudah dihabiskan maka Facebook Ads menyediakan sebuah halaman khusus yang diberi nama Ads Manager. Dari halaman ini kalian melakukan pause dan stop jika ada iklan yang kurang menguntungkan.
Baca Juga: Bantu Bisnis Makin Naik Dengan Go Digital Bareng Kata Jasa
Menu Campaign ini digunakan untuk memilih jenis Objective yang akan kalian gunakan untuk beriklan. Ada banyak tipe Objective iklan yang tersedia. Seperti untuk mendatangkan banyak komentar, banyak klik, banyak share dan lain-lain. Semua dapat kalian atur pada bagian ini.
CPM merupakan biaya iklan yang Facebook kenakan setiap kali iklan kalian dilihat atau menjangkau 1000 orang dan ini berlaku kelipatannya. Sedangkan CPC adalah biaya yang dikenakan oleh Facebook setiap kali ada yang melakukan klik pada iklan kalian yang sudah tayang.
Facebook akan menghitung jumlah klik yang diterma oleh iklan kalian setelah tayang dalam kurun waktu tertentu. Kalian akan membayar sesuai dengan jumlah klik pada masing-masing iklan.
Custom Audience adalah kumpulan data berupa email, nomer telepon, data pixel yang Facebook kumpulkan dari orang-orang yang pernah mengunjungi website kalian. Data ini adalah milik kalian seutuhnya dan bisa kalian gunakan sebagai target iklan selanjutnya. Lebih seperti sebuah rekaman data-data orang-orang yang tertarik dengan iklan yang kalian jalankan.
Objective adalah tujuan dari sebuah iklan dijalankan. Dengan Objective ini kalian dapat menambah jumlah suka pada Fanspage dan menambah penonton untuk sebuah video. Semua dapat kalian tentukan pada bagian Objective ini. Mentegahui hal ini tentu saja akan membuat kalian tidak boros karena salah sasaran.
Relevance Score memiliki nilai dari 1 sampai 10 sebagai angka untuk mengukur sebagai diterimanya iklan kalian oleh target kalian. Semakin tinggi nilai dari Relevance Score ini maka iklan kalian akan semakin cocok dan sesuai dengan audience yang kalian targetkan.
Jika pada browser dikenal istilah Cookies yang menampung data pengunjung yang telah berkunjung kedalam sebuah halaman website maka Facebook memiliki istilah baru yaitu Pixel. Dimana cara kerja Pixel dan Cookies ini mirip namun semua data pengguna Facebook disimpan dalam pixel.
Sehingga sewaktu-waktu dapat menargetkan iklan kepada orang-orang yang sudah masuk kedalam data pixel kalian. Semakin bagus data pixel maka semakin berhemat biaya iklan.
Jika sebelumnya kalian beriklan dengan satu Fanspage dan dananya terpisah dengan Fanspage lain. Maka dengan menggunakan Facebook Businnes Manager ini kalian dapat mengelola banyak Fanspage sekaligus dengan satu dana terpusat. Pada halaman ini kalian bisa menambahkan anggota dan tim dalam kedalam pengelolaan iklan.
Reach adalah sebuah bagi jumlah orang yang dijangkau oleh iklan. Setiap orang yang dijangkau maka terhitung sebagai satu reach.
AME adalah sebuah istilah bagi akun Facebook ADS yang dibaned oleh pihak Facebook karena dicurigai melakukan pelanggaran terhadap ketentuan beriklan dengan Facebook Ads. Dengan AME maka kalian tidak bisa lagi untuk mengelola iklan yang telah tayang maupun Fanspage kalian. Artinya kalian harus membuat Akun Facebook Manager baru.
Boncos merupakan istilah dari para pelaku iklan yang merasa biaya iklan mereka belum seimbang dengan penghasilan yang mereka dapatkan aslias mereka masih merugi dan belum menemukan Wining campaign yang mampu membuat mereka profit atau untung.
Dan masih banyak lagi istilah-istilah dalam dunia Facebook Ads yang bisa kalian temui selama belajar beriklan. Demikianlah artikel tentang Istilah-istilah penting bagi pemula dalam menggunakan iklan Fb Ads. Dengan memahami istilah-istilah ini maka akan mempermudah kalian berkomunikasi sesame pengiklan Facebook dan dapat mendeteksi kesalahan-kesalahan dalam beriklan.
Share via Twitter to see Link Download