Perkembangan teknologi telah memungkinkan penguna internet mengakses informasi melalui perangkat mobile, atau yang secara luas disebut accessing internet on the go. Dengan keleluasaan mengakses internet melalui perangkat seperti smartphone dan komputer tablet, dunia pemasaranpun semakin berkembang dan makin luas kesempatannya untuk mendapatkan pelanggan.
Tidak mau kalah dengan kemajuan perangkat teknologi, media sosial pun turut ambil bagian untuk berpartisipasi. Sebut saja twitter, facebook, dan instagram yang banyak digunakan untuk melakukan penjualan online. Apakah ini efektif?
Anda perlu tahu bahwa media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan, yang penting diketahui agar bisa lebih bijak dalam menggunakannya. Mari kita bahas kelebihan dan kekurangan media sosial.
Media sosial memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan orang lain secara langsung, sementara website biasanya hanya menyediakan informasi statis yang bersifat satu arah.
Media sosial dapat diakses dari ponsel atau tablet, sementara website mungkin tidak selalu dapat diakses dengan baik dari perangkat mobile. Ini juga tergantung dari pengaturan website, meskipun begitu kebanyakan website jaman sekarang sudah bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat mobile
Salah satu fitur utama media sosial adalah jangkauan luasnya. Ini memungkinkan pengguna untuk mencapai audiens yang lebih luas daripada media lainnya. Pelaku usaha dapat menggunakan jangkauan luas ini untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan pemasaran. Selain itu, media sosial juga digunakan untuk menjaga silaturahmi dengan teman dan kerabat yang jaraknya jauh.
Media sosial memberikan kesempatan yang baik untuk pemasaran produk atau jasa karena memiliki jangkauan yang luas dan dapat mencapai target audiens yang spesifik, Anda bisa menyasar audiens berdasarkan interest & behavior yang tertarget.
Media sosial memungkinkan pembentukan komunitas yang aktif dan partisipatif, yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan dukungan terhadap produk atau jasa.
Ternyata, pengiklanan melalui media sosial memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan menggunakan website yang mobile friendly (tampil baik pada perangkat mobile). Apa saja kelemahan-kelemahan tersebut?
Media sosial merupakan media pemberitaan dan pemasaran yang sangat ramai digunakan masyarakat Indonesia. Karenanya, ada banyak sekali update dan posting setiap harinya yang berpotensi menenggelamkan update dan posting Anda di antara informasi-informasi lain, bahkan mungkin informasi yang berasal dari pesaing Anda.
Anda bisa saja bersaing dengan informasi-informasi lainnya dengan menuliskan update setiap saat, tapi benarkah Anda punya waktu sebanyak itu?
Media sosial adalah tempat orang berbagi informasi dengan singkat dan cepat. Dengan demikian, tidak banyak hal yang bisa Anda sampaikan di sana. Oleh karena itu, Anda mungkin akan kesulitan membagikan informasi seputar produk atau layanan yang Anda tawarkan secara detail.
Anda bisa saja memberikan layanan tanya jawab di media sosial untuk melayani keingintahuan para calon pelanggan Anda. Tapi benarkah Anda benar-benar punya waktu untuk melakukannya? Ataukah Anda bersedia membayar staf khusus untuk menanganinya?
Kebanyakan pengguna internet akan mencari produk atau layanan yang mereka cari melalui mesin pencarian Google karena akan lebih hemat waktu dibadingkan harus mencari satu-persatu di lini masa media sosial.
Para calon pelanggan akan memasukkan kata kunci yang berkaitan dengan apa yang ingin mereka cari dan Google akan memberikan saran. Kebanyakan yang akan muncul adalah alamat-alamat website. Bukan akun media sosial perusahaan tertentu meskipun menawarkan produk atau layanan yang terkait.
Tidak mudah bagi konsumen untuk mempercayai suatu perusahaan penyedia barang atau jasa yang menawarkannya melalui media sosial saja.
Calon pelanggan lebih percaya pada penyedia barang atau jasa yang memiliki website yang komunikatif, profesional, dan memberikan informasi dan kontak yang jelas sehingga calon pelanggan dapat mempercayai perusahaan tersebut dan melakukan pembelian.
Jadi bagaimana sebaiknya?
Untuk menjawab tantangan tersebut, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk melakukan promosi penjualan. Jawabannya adalah dengan membuat website yang mobile friendly sehingga informasi tentang perusahaan dan penawaran-penawaran khusus bisa diakses calon pelanggan dengan lebih jelas dan lengkap meskipun para calon pelanggan tersebut mengakses internet dari perangkat mobile mereka.
Memang tidak ada salahnya jika Anda menggunakan media sosial untuk membangun jaringan dan memperluas pemasaran Anda.
Namun ada baiknya jika Anda memiliki website yang mobile friendly sehingga ketika Anda membagikan informasi di media sosial, Anda bisa dengan mudah memberikan tautan-tautan berisi informasi produk atau layanan Anda yang sudah tertulis di website Anda.
Ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda, serta tentu saja lebih efektif untuk membantu pemasaran Anda.
Bila Anda membutuhkan layanan pembuatan website, kami Kata Jasa melayani jasa pembuatan website murah dan di seluruh wilayah di Indonesia.
Kelebihan: Jangkauan yang luas, Interaksi dengan audiens, Target pasar yang spesifik, Pemasaran visual yang efektif.
Kekurangan: Biaya yang cukup tinggi, Konten yang tidak diinginkan, Over-promosi dapat menyebabkan unfollow/unlike, Kebutuhan konten yang konsisten.
Media sosial dapat digunakan untuk pemasaran produk atau jasa dengan menciptakan konten yang menarik, mengejar target pasar yang spesifik, dan meningkatkan interaksi dengan audiens melalui fitur seperti iklan, posting, dan komunitas online.
Saat menggunakan media sosial, risiko keamanan yang harus diperhatikan termasuk pengungkapan informasi pribadi, phishing, dan hacking. Penting untuk mengatur pengaturan privasi dan bijak dalam berbagi informasi pribadi.
Media sosial dapat digunakan untuk meningkatkan SEO dari sebuah website dengan membuat link yang dapat diikuti dari media sosial ke website, yang dapat meningkatkan kredibilitas dan juga meningkatkan page rank website.