SEO Modern: The Ultimate SEO Strategy for 2024

SEO Modern

Ngobrolin soal SEO Modern adalah hal yang menguras waktu, karena memang begitu banyak parameter yang harus dipahami. Tapi disini saya akan coba berbagi teknis sederhana yang bisa dilakukan praktisi SEO umum, karena begitu banyak hal teknis lain yang secara teknis memang susah di implementasikan oleh mayoritas pemain SEO.

Apalagi bagi kalian yang tidak memiliki tim teknis atau tidak memiliki pengetahuan di bidang lain. Sebut saja misal urusan programing dan content marketing.

Satu hal yang perlu kita catat adalah, bot Google sekarang mulai dikembangkan ke arah artificial intelligence (AI) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan kecerdasan buatan.

AI ini sendiri merupakan teknologi canggih yang bisa dibilang “berbahaya” untuk kalangan pekerja kasar (buruh), karena sudah mulai banyak robot-robot yang dibuat untuk menggantikan peran manusia untuk pekerjaan-pekerjaan kasar.

Tapi kita sedang tidak membahas masalah itu, saya hanya memberikan gambaran seberapa canggih AI.

Oke, ketika berbicara mengenai SEO Modern, mari kita lupakan sejenak yang namanya backlink. Meskipun backlink tetap memiliki peran yang cukup penting, SEO Modern adalah teknis yang lebih sederhana secara backlink.

Banyak blog saya yang sangat minim backlink namun tetap bisa merangsek ke halaman pertama Google dengan strategi SEO Modern ini.

So, lupakan dulu backlink. Kita bahas inti dari SEO Modern ini.

1. SEO Modern: Konten yang Berkualitas

Konten berkualitas memiliki parameter yang cukup banyak. Tapi saya punya gambaran yang sangat sederhana, silahkan baca artikel yang kalian publikasikan di blog, kemudian posisikan diri sebagai pembaca.

Ketika memosisikan diri sebagai pembaca, kalian akan memahami apakah artikel kalian merupakan artikel yang secara informasi memang berkualitas atau cuma sekadar dibuat untuk keperluan SEO.

Saya ambil 1 contoh sederhana, artikel yang dibuat oleh penulis saya. Artikel ini mendapatkan reaksi dari salah satu pembaca.

2. SEO Modern: Memahami Search Intent

Search intent ini sudah sering sekali saya sebut dan saya paling bawel soal ini ke team.

Ambil contoh misalnya keyword “cara menggabungkan video”. Keyword ini punya keyword turunan yang sangat banyak, salah satu yang pencariannya cukup tinggi adalah “cara menggabungkan video dengan subtitle”.

Dalam kasus ini, ketika kita mengincar keyword utama “cara menggabungkan video”, kita tidak bisa menggunakan artikel yang isinya “cara menggabungkan video dengan subtitle”.

Karena apa? Karena yang orang cari bukan menggabungkan video dengan subtitle, melainkan cara menggabungkan beberapa video menjadi sebuah video.

Ini hanya satu contoh sederhana, masih ada jenis-jenis keyword lain yang lebih sulit dipahami search intent-nya kalau kita tidak jeli.

Untuk urusan riset keyword, saya biasanya meminta tim saya untuk mencari data-data terlebih dahulu, contoh sederhannya sebagai berikut:

SEO Modern Cara Riset Keyword

Pada gambar diatas, ada data terkait “Tujuan”, tujuan disini dimaksudkan sebagai search intent tersebut.

3. Penerapan UI dan UX

UI dan UX sudah sering saya sebutkan juga dalam beberapa artikel. Secara teknis, SEO Modern kurang lebih memiliki rumusan bernama “interaksi”, untuk bisa berinteraksi dengan sebuah situs, selain dibutuhkan artikel yang berkualitas, juga dibutuhkan kenyamanan dalam mengakses setiap halaman website.

Beberapa hal yang patut diperhatikan dalam urusan UI dan UX ini antara lain:

  • Mobile Friendly
  • Penggunaan Theme yang Clean
  • Penggunaan Font yang tepat (khususnya untuk artikel)
  • Load speed yang cepat

4. SEO Modern: Rich Snippets

Ini yang menurut saya paling ampuh namun paling rumit di implementasikan. Alesannya sederhana, tak banyak pemain SEO yang paham teknis ngoprek theme / bikin plugin untuk ngikutin perkembangan SEO yang satu ini. Sementara disisi lain, gak banyak (bahkan mungkin belum ada) plugin khusus untuk mendukung implementasi Rich Snippets dengan baik. Hanya ada segelintir theme atau plugin aja.

Beberapa rich snippets yang mungkin sudah umum digunakan antara lain untuk website resep makanan.

seo modern

Atau bisa juga place reviews kaya gini.

rich snippet

Contoh lain yang baru ini Google luncurkan adalah Rich Snippets How-To, yang mana rich snippets ini dikhususkan untuk website berjenis tutorial. Contohnya kaya gambar dibawah ini.

seo modern

Khusus untuk Rich Snippets How-to ini, baru bisa di implementasikan untuk situs berbahasa Inggris, tapi tentu kedepannya akan dikembangkan juga untuk situs bahasa Indonesia. Jadi waktunya kita pemain Indonesia siap-siap, biar gak ketinggalan kereta.

Kurang lebih seperti itu, sebenarnya ada banyak tips seputar SEO Modern ini, hanya saja sulit untuk menuliskan semuanya. Pada intinya SEO Modern berfokus pada CTR yang tinggi dan Bounce Rate yang rendah daripada berfokus pada banyak-banyakan backlink.

Simak juga yuk Belajar SEO dari A sampai Z, Agar Websitemu Makin Ranking.

More Docs